Kamis, 01 Desember 2011

Dasar dan Batasan Seni

Menghasilkan karya bagus tetap diperlukan aturan dan kriteria tertentu antara lain :
Pakem seni
Setahu saya apapun yang namanya seni itu pasti mempunyai aturan, batasan ataupun pakem yang jelas. Untuk photography ataupun seni rupa tentu dikenal yang namanya komposisi. Komposisi itu meliputi komposisi bentuk, garis maupun warna. Tanpa mengikuti pakem ini sepertinya karya tersebut akan jauh dari keindahan.Jadi komosisi ini adalah ibarat hukum alam.
Anda tahu Picasso ? Pelukis yang terkenal dengan aliran kubismenya ? Sebelum mulai melukis aneh dan ngawur tersebut, pelukis besar tersebut mengawali kariernya dengan melukis secara normal yang berarti harus mengikuti pakem standard. Demikian juga dengan seni photography. Untuk bisa membuat karya baru yang keluar dari kebiasaan umum harus dibekali dengan pemahaman tentang konsep dasar yang kuat.
Jiwa dan rasa
Pertama di awal saya sudah menulis tentang keindahan. Itu adalah dasar dari seni. Namun untuk bisa disebut sebagai karya seni tentu indah saja tentu tidaklah cukup karena harus ada jiwa dan rasa didalamnya. Nah, inilah yang sepertinya tidak mudah baik untuk dibuat ataupun dinilai. Photo indah yang seperti apa yang bisa disebut memiliki jiwa dan rasa, sepertinya akan menyisakan perdebatan yang panjang apalagi untuk seni yang namanya photography. Semua orang akan menganggap fotonya seni dan berjiwa dan keributanpun akan muncul kalau jiwa dan seni dari karyanya dipertanyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar